Home » » Rounders

Rounders

ROUNDERS
permainan Rounders adalah permainan yang menggunakan bola kecil dan kayu permukul, dimainkan dengan jumlah pemain setiap regu yaitu 8 – 12 orang dan lama permainan di tentukan dengan inning. Inning yaitu terjadi jika regu telah sama-sama menjadi regu pemukul atau penjaga dan waktu yang dipergunakan sebanyak 4 – 5 kali inning dan bisa juga menggunakan system waktu yaitu 2 x 30 menit, istirahat selama 10 menit pada pergantian babak. Permainan ini sama dengan permainan kasti namun perbedaannya hanya lapangan dan cara mematikan lawan yang berbeda.
Teknik dasar rounders
1.    Melempar bola
       Teknik melempar bola dengan putaran tangan:
a.    Kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang
b.    Badan sedikit menyondong
c.    Kedua tangan lurus kedepan
d.    Tangan kanan diputar dari depan keatas, belakang, bawah, dan kembali kedepan kemudian bola di    lemparkan
e.    Kaki kanan menjaga keseimbangan
f.    Pandangan fokus ke arah sasaran.
2.    Memukul bola
Memukul bola di sebut dengan BATTER. Perhatikan setiap awal memukul bola (BATTER) kedua kaki terbuka dan kedua tangan memegang kayu pemukul dengan cara :
a.    Tangan memegang kayu pemukul dan diletakan di bahu kakan
b.    Badan di condongkan ke samping kanan
c.    Kaki kiri diluruskan dan kaki kanan dibengkokkan supaya pukulan lebih keras
d.    Pukullah bola dari samping ke depan dan harus mengenai bola yang dating dan dipukul sekerasnya agar pukulan terlempar jauh.
e.    Jika bola dipukul dengan benar, pemukul harus berlari kebase satu dan pemukul yang tidak memukul bola yang dilembungkan dengan benar maka dianggap telah memukul bola satu
f.    Bola di lambungkan salah boleh tidak dipukul, tapi jika dipukul dan tepat sasaran maka dianggap STRIKE ( lambungan bola benar)
g.    Pemukul yang menerima lemparan bola sebanyak 5 kali maka dia mendapatkan free walk  artinya pemukul dengan bebas meninggalkan home base satu
3.    Menangkap bola
Pengkap bola disebut dengan CATCHER yang bertugas menangkap bola di belakang pemukul yang disebut dengan HOME BASE dan selalu menangkap bola yang dilemparkan pelambung yang luput dari pemukul dengan cara :
a.    Duduk berlutut dan kedua tangan lurus sejajar dengan dada
b.    Setiap jongkok kaki harus sejajar dengan kaki kanan di depan kaki kiri di belakang serta posisi badan tegak.
c.    Tangan di buka sejajar dengan dada, konsentrasi pada bola yang di lemparkan.
d.    Ketika dalam permainan penangkap boleh melempar bola atau mengejar pemukul dan menyentukakn bola kebagian badannya.
e.    Penangkap tidak boleh mengganggu gerakan pemukul.
4.    Pelambung bola
Pelambung bola disebut juga PITCHER yang bertugas melambungkan bola sesuai dengan perminta pemukul dan harus melambungkan bola di atas kotak pemukul ( HOME BASE), bola harus di lambungkan dengan ketinggian antara lutut dan pundak pemukul.
5.    Penjaga lapangan (BASEMEN)
Penjaga lapangan bertugas untuk menangkap secara langsung bola yang dipukul dan menangkap bola kemudian menyentuhkan bola kepemukul yang sedang berlari kearah BASE dan membakar (menempati BASE  yang ada di dekatnya.
Pada dasarnya permainan Rounders sama dengan permainan yang lainnya namun permainan Rounders mempunyai peraturan tersendiri antara lain :
I.    Penilaian
-    Pemukul mendapatkan nilai  sebanyak base yang dilaluinya dan mendapatkan tambahan satu nilai jika berhasil kembali ke HOME BASE
-    Pukulan yang mati tidak mendapatkan nilai
-    Pukulan yang kena dan tidak masuk lapangan permainan atau tidak melampaui garis yang di tetapkan maka harus di ulangi kembali
-    Pemukul yang masuk ke BASE yang sudah di bakar di nyatakan mati
-    Pemukul yang mendapatkan nilai adalah pemukul yang masuk lapangan permainan
-    Dan penjaga (BASEMAN), penangkap yang dapat menangkap langsung bola yang dipukul benar, mendapatkan nilai.
-   
II.    Mati
Pemukul di anggap mati karena :
-    Kayu pemukul terlepas saat memukul
-    Pemukul yang berlari tidak menginjak BASE yang di laluinya
-    Pemukul yang berlari berusaha menghindari bola hingga menyimpang pada luar garis
-    Saat Berlari, pemukul di sentuh dengan bola sebelum menginjak garis (BASE) dan mendahului pemukul yang sedang berlari
-    Saat berlari ketempat tujuan pemukul sudah di bakar.
Dalam proses pelajaran permainan Rounder tidak akan bisa kalo tidak dipelajari dan dilakukan secara terus menerus sama halnya dengan permainan-permainan yang lainnya. Sebagai pengajar, pelatih, pengasuh atau pendamping harus menerapkan sikap sportif kepada setiap atlitnya karena itu adalah modal utama untuk menjadi yang lebih baik dan lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar